vendredi 7 octobre 2011

Berbuat Baik Kepada Non Muslim



Islam tidak melarang kepada umatnya untuk menghormati agama lain, bahkan Islam menganjurkan untuk menjalin silaturrohim bersama mereka, menerima hadiah dan mengunjungi orang sakit dari non muslim, hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat al-Baqoroh ayat 83 yang menyuruh kepada kaum muslimin untuk berkata baik kepada siapapun baik itu muslim atau non muslim, begitu juga dalam surat an-Nahl ayat 90 Allah memerintahkan umat ini untuk berlaku adil dan berakhlak mulia kepada siapapun, jadi sungguh sangat menyedihkan sekali jika ada kaum muslimin yang menghina saudara kita yang non muslim, ini justru akan melabelkan kepada kita bahwa Islam tidak mempunyai toleransi, padahal sebaliknya justru Islam menjunjung nilai toleransi dalam beragama.

Perintah dakwah tetaplah diperintahkan kepada umat ini, tetapi tugas seorang dai hanya sebagai perantara untuk menyampaikan syareat Allah dan tidak diperintahkan untuk memaksa umat mengikuti apa yang dia sampaikan, karena hidayah itu datangnya dari Allah swt. Sebagaimana Rasulullah saw menyampaikan risalah karena perintah dari Allah dan sama sekali beliau tidak pernah mencaci-maki mereka yang tidak mau memeluk Islam, disinilah wujud toleransi Islam kepada mereka yang beragama lain.

Diceritakan dalam kitab Majma' Az-zawaid yang dikarang oleh al-Haitsami bahwa sebab masuk Islamnya Salman al-Farisi karena waktu itu dia memberi hadiah kepada Rasulullah saw dan beliau menerimanya hadiah tersebut, sungguh ini bentuk penghormatan beliau kepada non muslim. Diriwayatkan pula dari Ali bin Abi Thalib ra bahwa Rasulullah saw menerima hadiah raja Kisro, raja Qoishor dan raja-raja lainnya.

Kita mengenal didalam Islam ada tiga bentuk petsaudaraan, yaitu: 1. Ukhuwwah Islamiyyah (Persaudaraan sesama muslim) 2. Ukhuwwah Wathoniyyah (Persaudaraan sesama bangsa) 3. Ukhuwwah Insaniyyah (Persaudaraan sesama umat manusia).
Dari tiga bentuk persaudaraan tersebut tidak boleh bagi umat ini untuk meninggalkan salah satu darinya.

By; Salis Fitrowan Lc.

0 commentaires:

Enregistrer un commentaire

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan