lundi 3 octobre 2011

Pentingnya Mempelajari Bahasa Arab


" sesungguhnya kami menrunkan al-qur’an kepada Muhammad dengan bahasa arab agar kalian mau berfikir" ( QS. Yusuf :12)

Sudah diketahui secara umum, bahasa arab adalah bahasa islam dan kaum muslimin. Bahasa ini menjadi bahasa kaum muslimin semenjak kemunculan islam hingga akhir zaman. Semenjak Alloh memutuskan untuk menyelamatkan umat manusia dari  kesesatan, maka Alloh mengutus Rasulnya yang mulia , lalu kepada beliau diturunkannya Al-Quran dengan lidah arab yang sangat jelas. Semenjak itu bahsa arab bukan lagi sebagai  bahasa arab semata, tetapi sebagai bahsa kaum muslimin diseluruh dunia., dari bumi belahan timur hingga belahan barat

تعلموا العربية وعلموها الناس

Artinya : pelajarilah bahasa arab dan ajarkan kepada seluruh manusia

Amirul mukminin Umar bin Khathab ra berkata :

احرصوا علي تعلم اللغة العربية فإنها جزء من دينكم

Artinya; Bersemangatlah mempelajari bahas arab karena bahasa arab adalah bagian dari agama kalian.
Mengingat posisi bahasa arab yang begitu penting , maka setiap muslim dituntut untuk mempelajarinya  sehingga mampu memahami bahasa arab dengan pemahaman yang baik karena sumber pelajaran islam menggunakan bahasa ini. Orang muslim tidak akan mampu memahami hakekat ajaran agamanya.dan mengetahui rahasia maknanya kecuali dengan bahsa arab.

Ghalad Satun  seorang politis inggris yang hidup pada tahun 1890 berpesan kepada bangsanya: “ Bangsa inggris tidak akan mungkin mewujudkan cita-citanya  dalam menguasai bangsa arab dan kaum muslimin kecuali jika kekuatan kitab suci ini (tangannya sambil mengeluarkan al-quran dari laci mejanya) dicabut dari jiwa mereka.
Keluarkan rahasia kitab suci ini yang menjadi ruh mereka dari jantung kaum muslimin. Jika kalian berhasil melaksanakan tugas suci ini, maka dengan mudah kalian akan mampu menghancurkan semua benteng kaum muslimin” Sekelompok orientalis juga pernah berkata tentang masalah al-qur’an , kalau kita membakar kitab-kitab suci langit , pasti semuanya hancur kecuali al-quran.

Mereka mengatkan demikian karena mereka menyaksiakan kaum muslimin diseluruh pemjuru dunia mengajarkan al quran kepada anak-anak mereka  dengan bahasa arab, bukan dengan bahasa daerah mereka. Sementata kaum kristiaani tidak mereka mengajarkan injil dengan berbagai bahasa daerah. Dengan mengajrakna al quran melalui bahasa arab , kaum muslimin memahami persoalan-persoalan agama mereka, bahkan mengetahui rahasia-rahasia kitab mereka. Itulah sebabnya mengapa kaum kafir bertekad memeraangi memerangi bahasa arab dan berusaha keras menjauhkan kaum muslimin dan anak-anak mereika dari bahasa arab.
Kaum kafir itu menebarkan fitnah dan mengatakan, “Bahasa Arab adalah bahasa kuno. Orang-orang yang mempelajarinya tidak akan mendapatkan kemajuan. Ia adalah bahaasa mandul yang tidak bisa berkembang.” Inilah propaganda yang menhancurkan danpikiran yang merusak.

Kini tiba saatnya bangun dan bangkit  bagi kaum muslimin dari tidurnya untuk mempelajari dan memahami bahasa arab agar tidak dikuasai oleh orang-orang kafir. Perlu kita ketahui bahwa bahasa araab adalah bahasa yang paling hidup tidak ada bahasa yang paling hidup melibihi bahasa arab. Semenjak 14 abad yang silam, bahasa arab sudha menjadi wadah sekaligus media kebudayaan Islam, sebagai penulis barat yang jujur berkata: “ Karena itu pelajarilah bahsa arab , wahai pemuda-pemuda muslim dan ajarkan kepada anak-anak muslim”.

Kusnadi El-Ghezwa




0 commentaires:

Enregistrer un commentaire

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan